Arikel General KnowledgeSerbuk Bubuk Minuman Javaland

BAGAIMANA CARA PENYIMPANAN BUBUK MINUMAN KESAYANGAN ANDA AGAR TETAP ENAK DAN AROMA TERJAGA

Bubuk minuman merupakan bahan yang sangat mudah mengeras dan menggumpal, jika cara dan teknik proses penyimpanannya tidak benar atau sesuai. Kendati jenis bubuk minuman regular, premium, super, dan mix sugar cara penyimpanannya sama.
Biasanya penyimpanan bahan baku dalam jumlah besar, seperti lebih dari 50 kilogram, biasanya dilakukan oleh gerai minuman yang skala besar, atau jika jumlah bahan baku yang disimpan untuk stok oleh penjual biasanya disesuaikan dengan kebutuhan penjual / UMKM minuman.

Dalam proses penyimpanan untuk bubuk minuman kekinian dalam jumlah kecil dan besar harus benar – benar dilakukan dengan benar, agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

Seperti apa tips penyimpanan bubuk yang baik?

Kedai Bubuk Minuman Javaland akan memberikan beberapa tips cara menyimpan bahan baku minuman dengan baik dan benar :

  1. Simpan Di Wadah Tertutup
    Bubuk minuman yang disimpan dalam jumlah besar, sebaiknya pisahkan bubuk minuman ke dalam dua wadah berbeda. Wadah pertama berukuran kecil atau menengah, yang khusus untuk dipakai setiap hari.Sementara, sisanya taruh didalam wadah terpisah untuk menjaga agar tetap kering.
    Pastikan wadah yang digunakan harus bersih, tertutup rapat dan tentunya jangan sampai wadahnya berbau. Perlu Sobat Javaland ketahui, bahwa wadah yang tidak tertutup rapat biasanya membuat bubuk menjadi menggumpal , rasa, dan aroma bubuk menjadi kurang enak dan lezat saat dikonsumsi dan tentunya gampang kadaluarsa sebelum waktunya tiba.
  2. Jaga Agar Bahan baku Tetap Kering dan Bersih
    Hindari bubuk minuman jangan sampai terkena cipratan air atau peralatan yang basah atau jangan menggunakan sendok dalam keadaan basah untuk mengambil bubuk, karena ini dapat mempengaruhi kualitas bubuk minuman tersebut. Usahakan menggunakan sendok yang kering dan bersih. Dan jangan menaruh bahan baku minuman yang sudah dikemas di tempat yang lembab. Apalagi bersentuhan langsung dengan peralatan dapur yang asih basah.
  3. Simpan Ditempat Sejuk Dan Kering
    Simpan bahan baku bubuk dan pada suhu ruang yang sejuk dan bersuhu sekitar 15°C sampai 24°C dan hindari dari paparan sinar matahari langsung. Tempat yang panas biasanya membuat suhu di dalam kemasan menjadi meningkat dan akhirnya membuat bakteri jahat tumbuh. Penyimpanan bubuk minuman yang benar dapat memperpanjang masa simpan produk hingga dua tahun dan kualitasnya terjaga dengan baik.
  4. Lihat Masa Expired
    Selalu cek masa expired atau masa kadaluarsa bubuk minuman sebelum digunakan atau dipakai. Idealnya masa expired bubuk minuman dari produsen yang sudah terdaftar BPOM dan terverifikasi HALAL dari MUI 2-3 tahun dan kualitas terjaga dengan baik.

Baca juga kedai bubuk minuman kalimantan timur

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment